Republik Cinta Management: Tempat Banyak Musisi Sukses Lahir!

Date post: 18 Agustus 2023
SHARE IT:

Perjalanan karier musisi biasanya tak berhenti pada pembuatan musik. Ada beberapa musisi yang “melebarkan” sayapnya menjadi produser, manajer, atau bahkan pemilik manajemen artis seperti yang dilakukan oleh Ahmad Dhani. Musisi yang satu ini sudah masuk jajaran musisi Indonesia yang melahirkan begitu banyak hits bersama band-nya, Dewa 19 sejak tahun 90-an. Setelah meraih kesuksesan bersama Dewa 19, Dhani membuat manajemen musisi dan seniman dengan nama Republik Cinta Management (RCM). 


RCM memiliki misi untuk mengembangkan kemampuan dan profesionalisme musisi dan penyanyi-penyanyi Indonesia, serta mempromosikan karya-karya mereka di dalam dan luar negeri. Lalu bagaimanakah kisah hingga akhirnya RCM dibuat? Simak perjalanannya di bawah ini. 


Perjalanan Republik Cinta Management 

Republik Cinta Management digagas dan dibentuk pada tahun 2007 oleh Ahmad Dhani. Setelah menikmati pahit dan manisnya berkarir bersama Dewa 19 (sempat berganti nama menjadi Dewa), Dhani merasa butuh wadah yang mendukung musisi, penyanyi, atau seniman yang berkaitan dengan musik Indonesia. RCM memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan dan profesionalisme musisi dan penyanyi-penyanyi Indonesia. Untuk mewujudkannya, RCM membangun kerja sama dengan label atau perusahaan rekaman ternama, seperti EMI Music Indonesia, EMI International Hong Kong, Pelangi Record, dan lainnya. Selain itu, RCM bekerja sama dengan sejumlah stasiun televisi nasional serta event organizer berskala nasional hingga internasional. Para artis di bawah manajemen RCM pun kini bisa menikmati proses rekaman di Republik Cinta Records (RCR). 


Kembali ke mastermind dari RCM, Ahmad Dhani yang bernama lengkap Dhani Ahmad Prasetyo memang seorang musisi yang “lengkap”. Ia adalah penulis lagu, penata musik, produser, sekaligus punya bakat entrepreneur yang baik. Jika melihat kiprah para musisi Indonesa, bisa dibilang hanya beberapa orang yang bisa berhasil di bidang musik secara global atau di luar produksi lagu seperti Ahmad Dhani. Kepekaan Ahmad Dhani pada musik komersial membuat banyak musisi di bawah manajemen RCM yang mencetak hits. Simak beberapa di antaranya di bawah ini!



Musisi di Bawah Naungan Republik Cinta Management 

Beberapa musisi yang masih atau pernah bernaung di bawah Republik Cinta Management diantaranya adalah sebagai berikut:


  1. Dewi Dewi

Yang pertama adalah Dewi Dewi yang merupakan grup vokal perempuan yang dibentuk pada tahun 2007. Ketiga anggota Dewi Dewi adalah hasil audisi yang diberi tajuk Obsesi Dewa 19 mencari Dewi Dewi yang ditayangkan di salah satu televisi swasta. Dari audisi tersebut terpilih Tata Janeeta, Purie Andriani, dan Inna Kamarie. Formasi ini kemudian melahirkan hits Dokter Cinta dan Begitu Salah Begitu Benar. Setelah beberapa kali mengalami pergantian personil dan sempat berubah nama menjadi Mahadewi, akhirnya grup vokal ini bubar.


  1. The Virgin

Selanjutnya ada The Virgin yang merupakan duo/grup yang diperkuat oleh Mita (gitar) dan Dara (vokal). Di bawah bimbingan Ahmad Dhani, mereka merilis hits single yang berjudul "Cinta Terlarang" ciptaan Mita pada tahun 2009. Duo ini sempat merajai berbagai panggung serta tampil di layar televisi.


  1. T.R.I.A.D.

Setelah sebelumnya dikenal dengan nama The Rock, band yang bisa dibilang proyek idealis Ahmad Dhani ini mengganti namanya dengan akronim TRIAD yang berarti The Rock Indonesia Ahmad Dhani. Setelah sebelumnya band ini diperkuat oleh personil band asal Australia, Fire Shark, band ini diperkuat oleh jajaran musisi Indonesia dengan skill di atas rata-rata seperti Ikmal Tobing dan Tharaz Bistara.


Nah, itu dia ringkasan mengenai perjalanan Republik Cinta Management yang diprakarsai oleh Ahmad Dhani. Dari kesuksesannya tersebut, tentunya tak heran bila banyak musisi lain yang ikut termotivasi membuat manajemen sendiri. Simak kisah musisi Indonesia lainnya, informasi seputar event, kuliner dan keseruan lainnya dengan follow Instagram Guinness!

Other Article