Film Horor Tanpa Jumpscare Malah Lebih Seram? Ini Rekomendasinya

Date post: 29 September 2021
SHARE IT:

Berbicara tentang film, film horor menjadi salah satu genre film yang paling banyak diminati. Saat ini, kebanyakan dari film horor mengandalkan adegan jumpscare yang mengagetkan disertai dengan scoring yang membuat kita menutup mata dan telinga saat menonton. Namun, di balik banyaknya film-film horor yang dipenuhi oleh adegan jumpscare. Ada juga film horor paling seram yang memiliki adegan jumpscare sangat minim, bahkan tidak ada sama sekali.

Adegan jumpscare memang hampir selalu menjadi langganan di mayoritas film horor. Sebut saja, The Conjuring, Evil Dead, Insidious, dan masih banyak lagi. namun pernahkah kamu menonton film dengan adegan jumpscare yang minim namun tetap membuat kalian takut? Film dengan formula ini semakin banyak digunakan, dan memberikan sensasi yang cukup berbeda dari film horor yang mengandalkan adegan jumpscare seperti biasanya.

Tak perlu berlama-lama. Yuk simak rekomendasi film paling seram tanpa ada adegan jumpscare, berani nonton sendirian?

The Exorcism of Emily Rose (Rose)

Secara plot, film ini menceritakan tentang proses persidangan atas kasus kematian Emily Rose. Emily Rose diduga meninggal karena karena tidak mendapatkan pertolongan medis. Di dalam catatan kematiannya, Emily Rose diduga meninggal karena epilepsi dan skizofrenia, namun Pastur Moore, seorang tersangka dalam kasus kematian Emily Rose ini, mengatakan hal yang lain.

Pastur Moore mengatakan bahwa Emily Rose dirasuki iblis jahat, sehingga berbagai macam pertolongan medis apa pun, tidak akan berhasil jika tidak dilakukan proses pengusiran setan.

Yang menjadikan film ini menyeramkan adalah visualisasi bagaimana Emily Rose dirasuki oleh iblis hingga akhirnya meninggal dunia. Selain itu film ini juga diambil dari kisah nyata tentang Anneliese Michel yang terjadi pada tahun 1952 di Jerman Barat.

Midsommar (2019)

Tidak lengkap rasanya rekomendasi film horor tanpa memasukan film yang satu ini. Film garapan sutradara Ari Aster yang dirilis pada tahun 2019 menceritakan tentang pasangan Dani dan Jack yang diperankan oleh Florence Pugh dan Jack Reynor ketika mereka melakukan perjalanan ke sebuah desa di Swedia yang terpencil. Menariknya, film Midsommar ini berlatar waktu di siang bolong dengan pemakaian warna-warna yang cukup cerah dan ceria, namun ketakutan ditimbulkan yaitu dari perilaku aneh yang dilakukan dan dialami oleh tokoh-tokoh dalam film ini, ini juga membuktikan jika film horor tidak selalu identik dengan suasana yang suram, gelam dan mencekam.

 The Orphanage (2017)

Film The Orphanage (2017) bercerita tentang karakter bernama Laura yang kembali menghidupkan sebuah panti asuhan, namun tampaknya panti asuhan tersebut ingin mencoba berbagi kisah kelamnya kepada Laura. Film The Orphanage (2017) berhasil membawa nuansa mistis dari arwah-arwah yang kerap hadir dalam film tersebut. Meskipun tidak ada adegan jumpscare dalam film ini, namun nuansa horornya akan membuat kamu merinding dan ketakutan.

Rumah Dara (2009)

Menjadi salah satu film horor terbaik Indonesia, Rumah Dara (2009) Garapan sutradara ‘The Mo Brother’. Film yang mengusung tema horor-thriller, dengan tokoh utama seorang psikopat. Film ini bercerita tentang pasangan suami istri Adjie (Ario Bayu) dan Astrid (Sigi Wimala) bersama adik Adjie, Ladya (Julie Estelle) dan beberapa temannya yang melakukan perjalan menuju Jakarta.

Di tengah perjalanan rombongan mereka menabrak Maya (Imelda Therinne) dan mengharuskannya mengantar Maya pulang ke rumahnya. Sesampainya disana mereka disambut dengan baik oleh Dara (Shareefa Daanish), ibunya Maya.

Namun siapa sangka, pertemuan itu adalah petaka bagi mereka semua, sebab keluarga Dara merupakan pembunuh berantai dan juga kanibal, lalu akhirnya satu persatu dari mereka dibantai dan dihabisi dengan sadis dan terlihat sangat realistis. Pemilihan peran dan adegan-adegan yang sadis mengerikan membuat film ini sangat menyeramkan dan sempat dicekal oleh beberapa negara. Berani nonton?

Itulah 4 rekomendasi film horor paling seram meskipun tanpa adegan jumpscare yang mengagetkan. Berani nonton film-film di atas sendirian?

Other Article