Kenali Jenis Saus Steak Dari Rasa dan Cara Penyajiannya. Yummy!

Kenali Jenis Saus Steak Dari Rasa dan Cara Penyajiannya. Yummy!

Date post: 29 September 2021
SHARE IT:

Statusnya yang jadi makanan populer membuat steak dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia, termasuk kamu pastinya. Gak heran sih, menu ini populer karena rasanya yang lezat. Potongan daging yang dipanggang kemudian disiram macam-macam saus, membuat steak jadi menu favorit. Kamu pasti pernah mencicipi juga dong!

Nah faktor kelezatan menu yang satu ini gak hanya berasal dari pilihan daging yang digunakan serta durasi marinasi dan panggangannya aja guys! Steak gak akan menjadi steak tanpa beragam saus yang menyertainya. 

Ada banyak banget macam-macam saus steak yang bisa kamu pilih jadi pasangan steakmu. kalau saus steak favoritmu yang mana? 

Steak dan Sausnya, Gak Bisa Dipisahkan

Saus dan steak jadi satu kesatuan yang harus kamu nikmati secara bersamaan. Kamu gak boleh menyantap daging steak yang telah dipanggang tanpa saus. Walaupun hanya sedikit, saus bisa menjadi game changer dalam pengalamanmu menyantap sajian ini.

Walaupun begitu, pasangan steak dan saus memiliki perdebatan sendiri di beberapa pihak. Ada yang menganggap pengunaan saus steak berfungsi untuk menutupi kekurangan pada daging, yang muncul saat dimasak. Misalnya seperti, overcooked serta daging yang menjadi kering. Bisa juga, proses marinasi atau melumuri bumbu tidak dilakukan maksimal.

Akan tetapi, banyak juga pihak yang berargumen kalau posisi saus dengan steak itu sebagai pelengkap hidangan. Jadi rasa dan tekstur yang hadir dari potongan-potongan daging steak akan digenapkan oleh lelehan saus.

Dengan peran tersebut, gak heran banyak banget macam-macam saus steak yang bisa dipilih untuk dinikmati sebagai teman santap. Kamu bisa pilih beragam rasa serta yang hadir dari masing-masing bahan penyusun saus steak. 

Beragamnya saus steak juga bisa menambahkan aksen rasa yang berbeda dari steak yang kamu nikmati. Kalau kamu orangnya purist bisa pilih saus steak original atau klasik sebagai perpaduan. Tapi kalau kamu merasa sebagai pribadi yang extraordinary, bisa pilih juga nih saus steak yang beda! Ada varian blue cheese, teriyaki dan chimicurri yang bisa jadi sausmu.

Jadi gimana guys? Kamu udah punya saus steak favorit atau belum? Kalau belum kamu harus simak macam-macam saus steak yang bisa dinikmati.

Macam-macam Saus Steak yang Bisa Kamu Nikmati

Sebelum menikmati seporsi menu ini, kamu harus tahu dulu macam-macam saus steak yang bisa kamu pilih. Dari sekian banyak saus steak yang tersedia, pastinya ada salah satu atau beberapa yang pas dengan seleramu. Yuk simak, biar makan steaknya lebih enjoy lagi.

Saus Mushroom

Saus mushroom biasanya dibuat menggunakan jamur champignon atau jamur kancing, mentega, bawang bombay dan tepung terigu. Saus yang satu ini mudah ditemui karena proses dan bahan pembuatannya tidak memakan banyak waktu. Khas dari saus yang ini adalah tekstur dan rasa creamy yang kuat. 

Cita rasa creamy dari saus ini akan bercampur dengan lezat dan juicy-nya daging steak, apalagi kalau kamu memilih sirloin. Kamu bisa memilih untuk menyiram seluruh permukaan daging atau cukup menyediakan tempat bagi saus ini di sisi piring. Tentu di sebelah piring tersebut harus ada Guinness Foreign Extra Stout sebagai pelengkap. 

Duet antara steak saus mushroom bersama Guinness Foreign Extra Stout akan memberikan rasa yang pas dan sempurna di lidah. 

Saus Blackpepper

Kalau yang ini pasti familiar banget buat kamu, salah satu pilihan saus klasik ini mudah banget ditemui atau dimasak sendiri di rumah. Bahan penyusun saus ini biasanya terdiri oleh cuka anggur merah, lada hitam dan kaldu ayam. Waktu yang dibutuhkan juga relatif cepat gak sampai 45 menit. 

Jadi sembari menunggu steak yang sedang dipanggang kamu bisa membuat saus dengan cita rasa panas dan pedas ini. Lalu ketika siap tinggal disiram ke atas daging steak. Mantap! Kalau mau lebih enak lagi, kamu bisa pairing steak blackpepper dengan Guinness Smooth. Dominasi rasa panas dan pedas bisa diredam dengan bir yang satu ini.

Saus Barbeque

Selain blackpepper, barbeque juga menjadi salah satu saus klasik yang sering dipilih sebagai pelengkap steak. Kamu bisa mendapatkan saus yang satu ini di supermarket atau pun meraciknya sendiri. 

Saus berwarna merah kecoklatan ini akan menambahkan aksen asam, manis dan sedikit pedas ketika duduk bareng steak di atas piringmu. Selain itu, steak ini juga masuk ke berbagai acara, bisa formal atau pun yang santai-santai aja. 

Saus Keju

Siapa sih yang gak ngiler melihat lelehan keju yang begitu creamy dan gurih di atas steak. Menu yang biasanya memiliki cita rasa strong ini akakn bertemu dengan lembut dan kentalnya saus keju. Dijamin walaupun terasa asing pada awalnya kamu akan ketagihan deh.

Cara pembuatannya juga mudah banget lagi, yang penting kamu punya keju, mentega dan susu. Serta beberapa bumbu dapur seperti garam, merica, gula dan oregano sebagai pemanis tampilan. Cukup dengan waktu 30 menit kamu sudah bisa menikmati steak saus keju.

Steak siram saus keju akan lebih mantapa lagi rasanya jika kamu pasangkan dengan sebotol Guinness Foreign Extra Stout. Bir yang satu ini menjadi teman duet yang pas bagi saus keju di dalam mulut. 

Saus Teriyaki

Saus a la Jepang ini bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin mencoba steak dengan cita rasa berbeda. Rasa gurih, asin, manis dengan sedikit aksen mentega mampu melelehkan lidahmu ketika menyantapnya bareng dengan steak yang dimasak medium rare. 

Kalau mau instan kamu bisa membelinya di supermarket terdekat. Tapi kalau ingin meracik sendiri juga gak sulit kok, dalam waktu 20 menit kamu sudah bisa menikmati steak saus teriyaki. Biar lebih paripurna lagi, kamu bisa membuka sebotol Guinness Smooth sebagai teman santap.

Sekarang kamu pasti udah punya saus steak yang bikin penasaran kan? Dengan cara pembuatan yang mudah kamu bisa menikmati macam-macam saus steak sebagai pelengkap sajian yang satu ini. Kalau gak mau repot-repot bikin, kamu bisa beli beragam saus steak di supermarket terdekat. Dijamin gak akan bosen deh, kalau kamu udah tau saus-saus yang bisa duet dengan steak!


Other Article