moon cake

5 Ide Menu Chinese Food yang Cocok Dinikmati dengan Beer

Date post: 29 Januari 2022
SHARE IT:

Hari Raya Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022 dan tinggal hitungan hari lagi pasti sudah kamu tunggu-tunggu, kan? Momen menerima angpao, menikmati beragam menu chinese food favorit, terus ditutup dengan ngobrol-ngobrol sembari menikmati minuman beralkohol sama orang terdekat. Yup, selain makan bersama, minum-minum juga jadi satu agenda sincia yang gak boleh dilewatkan.

Makna Minum Alkohol saat Festival di Cina

Minum alkohol saat imlek sendiri sudah jadi tradisi yang gak pernah dilewatkan di negara asalnya. Di China, festival perayaan tahun baru memiliki agenda meminum alkohol bersama orang terdekat. Tradisi ini memiliki makna tersendiri, meminum alkohol di saat festival melambangkan kebahagiaan, hubungan persaudaraan yang panjang dan lestari serta hal baik lainnya.

So, menuju tahun baru imlek 2022 dengan tahun macan air ini, jangan sampai kamu ketinggalan tradisi yang satu ini, ya! Kamu bisa memilih beer sebagai minuman alkohol yang akan dinikmati bareng kerabat. Selain pas untuk acara-acara besar seperti sincia, beer juga cocok buat di-pairing dengan beragam menu chinese food. Yuk, simak menu apa saja yang enak banget dinikmati bareng beer!

5 Ide food pairing Chinese Food dengan Beer

Kamu penasaran kan pengen coba food pairing beer dengan chinese food? Biar gak asal coba-coba, nih kamu simak deretan menu chinese food yang jadi pasangan duet mesra beer hitam. Yuk simak daftarnya!

  1. Spring Roll

Spring roll atau lumpia jadi salah satu cemilan atau side dish yang biasanya disajikan ketika imlek. Menu yang satu ini terdiri dari kulit tipis yang biasanya diisi dengan daging sapi atau babi dan ditambahkan sayuran ke dalamnya. Lalu di-deep fried dan disajikan bersama saus yang khas.


Spring roll memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas dengan tambahan saus. Serta memiliki tekstur yang crunchy di luar namun lembut dan pecah dalam mulut ketika digigit. Sajian ini biasanya disantap dalam suasana santai sembari ngobrol-ngobrol. Jadinya pas banget tuh kalau diduetkan dengan beer hitam.

  1. Dumpling

Sajian side dish dengan berbagai varian ini mungkin sudah akrab banget di lidah kamu. Gak heran soalnya menu yang satu ini sudah terkenal banget dan mudah ditemui. Kamu bisa pilih dumpling sesuai dengan selera dan mood, dari yang manis hingga asin ada semua.


Nah tapi kalau mau dipasangkan dengan beer hitam, kamu harus pilih varian dumpling asin. Kamu bisa pilih jiao zi, siu mai, har gao hingga xiao lang bao untuk dinikmati bersama beer. Varian tersebut biasanya berisikan daging, bisa dari babi, ayam dan udang. 


Lalu dapat dinikmati dengan celupan chili oil yang pedasnya bukan main. Ketika dipasangkan dengan beer, rasa gurih dan pedas dari dumpling tersebut dapat disempurnakan dengan aksen malt, barley dan hops yang cukup dominan.

  1. Soba Noodle

Selain alkohol, soba noodle juga jadi satu menu yang gak boleh absen dari imlek. Menu yang satu ini juga menjadi simbol keberuntungan di saat perayaan imlek. Mie soba yang memiliki tekstur kenyal dan bentuk yang panjang-panjang ini pasti gak pernah absen dari meja di saat sincia.


Dengan bentuk yang memanjang, mie soba gak boleh dipotong-potong sebelum disajikan dan ketika disantap. Hal ini karena, mie soba menjadi simbol umur yang panjang. Jadi lengkapi umur panjang dengan kebahagiaan serta hubungan saudara yang panjang. Maka dari itu, mie soba pas buat di-pairing dengan beer hitam.


Cita rasa mie yang penuh rempah dan a little bit spicy ini jadi duet pas ketika dipasangkan dengan beer berjenis stout. Rasa malt yang dominan dari beer akan berpadu dengan indah di lidah dan menari bersama soba mie. Cocok banget pokoknya!

  1. Tang Yuan

Menu chinese food yang satu ini tampilannya mirip-mirip dengan bakpao mini yang disajikan dalam rendaman kuah kaldu ataupun coklat dan jahe. Tang yuan, biasanya disajikan dalam beragam festival termasuk perayaan tahun baru Cina. 


Kuliner yang satu ini terbagi menjadi dua jenis yaitu, dengan isian manis dan asin. Biasanya yang isian manis mengandung coklat, pasta kacang merah, buah serta matcha. Kalau yang asin biasanya berisikan cincangan daging sapi atau babi.


Mau varian manapun, tang yuan jadi pasangan yang pas jika diduetkan dengan beer hitam. Rasa dry malt dari beer hitam seperti Guinness Foreign Extra Stout akan menggenapkan cita rasa sajian ini. 

  1. Nian Gao

Nian Gao yang memiliki arti harfiah kue tahun baru jadi menu yang pastinya selalu ada di perayaan imlek. Meskipun dapat dinikmati sepanjang tahun, kue yang satu ini terasa lebih spesial jika disantap di momen imlek. 


Sajian ini memiliki rasa yang manis terbuat dan terbuat dari tepung beras ini menyimbolkan progres, kemajuan dan juga pertumbuhan. Dengan makna tersebut, nian gao cocok banget disandingkan bersamaan dengan beer.


Duet makna pertumbuhan dan kebahagiaan pastinya akan terwujud di dalam mulut ketika kamu menyantapnya. Rasa manis dan tekstur sticky dari nian gao akan terurai dan diperkaya dengan cita rasa beer hitam yang kuat dengan aksen malt di dalamnya. Pas buat cemilan ketika kumpul-kumpul di hari raya imlek.

Rayakan Imlek dengan Guinness FES

Deretan menu chinese food tadi gak ada salahnya buat kamu duetkan bareng dengan beer hitam. Biar gak salah pilih, jangan sampai lupa untuk buka Guinness FES dan temukan eksplorasi rasa yang lebih kaya. Gong xi fa cai!

Baca juga: Menikmati Sajian Chinese Food Gaya Baru di Iron Fist Blok M

Other Article