Penyuka Bola? Ketahui 3 Penghargaan Paling Bergengsi di Dunia Sepak Bola

Date post: 06 April 2022
SHARE IT:

Kamu gila bola banget? Jika begitu pasti hafal dong dengan segala serba-serbi dunia bola. Mulai dari yang nyeleneh sampai serius, pasti kamu tahu. Misalnya, seperti penghargaan paling bergengsi di dunia bola. Memang sih, sebenarnya banyak banget penghargaan buat pemain bola, mulai dari yang tingkatan lokal sampai global.

Apalagi setiap liga, negara atau turnamen memiliki penghargaannya masing-masing. Beberapa award mungkin sudah akrab di telinga kamu seperti, Golden Ball, Golden Shoe serta Golden Glove yang dihelat setiap empat tahun sekali ketika piala dunia. Begitupun dengan turnamen lainnya seperti Liga Champion dan Liga Inggris, semua punya penghargaan masing-masing.

Kalau begitu, dari sekian banyak award yang eksis di dunia sepak bola, mana sih yang paling bergengsi dan benar-benar jadi impian tiap pemain? 

Tiga Jenis Penghargaan Paling Bergengsi di Dunia Sepak Bola

Kalau kamu bermimpi sebagai seorang pemain bola, pastinya mendapatkan penghargaan paling bergengsi di dunia olahraga ini adalah impianmu. Yuk, simak nih, tiga penghargaan yang jadi impian tiap pemain biar menghayal kamu jadi makin seru!

  1. Ballon d'Or

Penghargaan Paling Bergengsi di Dunia - 1_1649237887

Penghargaan paling bergengsi di dunia sepak bola bisa dibilang ditempati oleh Ballon d'Or. Penghargaan yang berasal dari Perancis ini sudah dimulai sejak tahun 1956. Penggagasnya merupakan penulis majalah France Football, Gabriel Hanot, yang meminta pendapat rekan-rekannya untuk memilih pemain terbaik Eropa di tahun 1956.


Saat itu, gelar ini pertama kali dianugerahkan kepada Stanley Matthews dari Blackpool. Pada mulanya, Ballon d'Or atau Golden Ball dalam bahasa Inggris hanya diperuntukkan kepada pemain yang berasal dari Eropa dan bermain untuk klub Eropa. Maka dari itu, pemain legendaris seperti Maradona dan Pele tidak memenuhi syarat kala itu.


Namun, sejak 1995 aturan tersebut diubah sehingga para pemain yang berasal dari luar negara Eropa berkesempatan untuk mendapatkan Ballon d'Or. Sejak peraturan diubah, pemain non-Eropa pertama yang mendapatkan Ballon d'Or adalah George Weah.


Hingga hari ini, para juri yang memilih pemain Ballon d'Or tetaplah berasal dari kalangan jurnalis olahraga dari seluruh dunia. Pada tahun 2010, penghargaan satu ini sempat digabungkan dengan titel Pemain Terbaik Dunia FIFA, sehingga edisi 2010 hingga 2016 gelarnya menjadi FIFA Ballon d'Or. 


Namun, pada 2016 titel ini kembali jadi hak milik France Football menyusul berakhirnya kontrak dengan FIFA. Banyak nama-nama besar di dunia sepak bola yang pernah mendapat penghargaan ini, sebut saja Marco van Basten, Zinedine Zidane, Michael Owen dan lainnya. Hingga yang terbanyak ialah Lionel Messi dengan tujuh gelar. 

  1. The Best FIFA

Penghargaan Paling Bergengsi di Dunia - 2_1649238020

Source: Kompas


Berikutnya adalah The Best FIFA Football Awards, penghargaan satu ini diberikan kepada pemain terbaik menurut asosiasi sepak bola dunia. Dalam penentuannya, FIFA akan mengumpulkan 13 juri yang terdiri dari legenda sepak bola dunia. Mulai dari Ronaldo, Andy Roxburgh, hingga banyak nama lainnya akan berkumpul dan memilih 10 nama pemain terbaik di akhir musim.


Setelah keluar 10 nama yang menjadi nominasi, pemilihan berlanjut ke tahap pemungutan suara. Pemilu tersebut diikuti oleh masyarakat, jurnalis, pelatih dan kapten tim nasional yang memiliki kuota tersendiri untuk memilih jagoan mereka. Penilaiannya berdasarkan performa para nominee di kancah klub dan juga timnas.


Tiga pemain dengan skor terbanyak akan muncul sebagai finalis dan diumumkan di malam penghargaan The Best FIFA. Sejak pertama digelar pada 2017, nama besar seperti Cristiano Ronaldo, Luka Modric, Lionel Messi dan Robert Lewandowski pernah mendapatkan gelarnya. Terlebih untuk nama pertama dan terakhir mendapat dua kali penghargaan berturut-turut.

  1. Pemain Terbaik UEFA

Penghargaan Paling Bergengsi di Dunia - 3_1649238059

Source: UEFA


Sejak 2011, UEFA atau paguyuban sepak bola Uni Eropa merilis penghargaan terbaik bagi para pemain yang berlaga pada liga di bawah naungan organisasi tersebut. UEFA bekerja sama dengan European Sports Media (ESM) memilih nama-nama pemain yang akan masuk nominasi penghargaan ini. 


Sejak dihelat pertama kali, nama Cristiano Ronaldo jadi satu-satunya pemain yang memenangkan award ini sebanyak tiga kali pada 2014, 2016 dan 2017. Selanjutnya disusul oleh Lionel Messi pada musim 2011 dan 2015. 

Tambah Keseruan Menonton Bola dengan Guinness FES 

Nah, tiga penghargaan paling bergengsi di dunia bola di atas pastinya selalu menjadi rebutan para pemain. Menurut kamu, siapa yang akan membawa pulang trofi Ballon d'Or tahun ini? Apakah nama-nama yang sudah jadi langganan atau malah pemain baru? Kita ikuti saja perkembangannya sambil buka Guinness FES dan temukan rasa bir yang kaya!

Other Article