Yuk, Intip 5 Aksesoris Sepak Bola yang Digunakan di Lapangan

Date post: 20 Juni 2022
SHARE IT:

Dalam dunia olahraga memanglah hal biasa seorang atlet menggunakan aksesoris sepak bola ketika bertanding di arena. Tak terkecuali para pemain sepak bola yang berlaga di lapangan. Ketika kamu menonton sebuah pertandingan sepakbola, memang yang menjadi perhatian utama adalah para pemain sepak bola yang lincah bergerak kian kemari dan penampilan mereka. 

Di samping itu, tak jarang pula perhatianmu teralihkan dengan aksesoris yang digunakan sejumlah pemain sepak bola. Semakin berkembangnya dunia fashion, beberapa pemain bola juga menggunakan aksesoris untuk beberapa alasan. Namun, bukan hanya fashion saja, beberapa di antaranya menggunakan aksesoris sepak bola karena memiliki alasan khusus, lho. Simak artikel ini untuk tahu lebih lengkapnya!

Alasan Pemain Menggunakan Aksesoris saat Bertanding


  1. Fungsional

Aksesoris pemain sepakbola yang digunakan sebenarnya bukan hanya sekedar fashion, akan tetapi memiliki fungsi yang bisa berdampak kepada performa pemain sepak bola tersebut.

Misalnya, kita bisa melihat beberapa pemain sepakbola yang menggunakan headband saat pertandingan. Beberapa dari pemain sepakbola tersebut menggunakan headband untuk tujuan agar rambut mereka tidak mengganggu penglihatan dan menahan aliran keringat saat bertanding.

  1. Identitas

Selain alasan fungsional, aksesoris yang dipakai pemain sepak bola juga berfungsi sebagai identitas. Pemain sepakbola ingin membangun brand diri sendiri dengan memberi identitas melalui aksesoris yang digunakan.

Jumlah pemain sepak bola yang banyak membuat penggemar cukup kesulitan untuk mengingat mereka. Mengingat sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling digemari di seluruh dunia, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi penggemar untuk dapat mengingat semua pemain.

Nah, salah satu cara mudah untuk mengingat pemain tertentu, kamu bisa menggunakan aksesoris yang biasa mereka pakai sebagai identitas, misalnya ikat kepala yang dipakai David Beckham. Dulu ketika David Beckham masih berlaga di Manchester United, ikat kepala ini benar-benar menjadi salah satu identitasnya yang menjadikan ciri khas.

Baca juga: Yuk, Simak 5 Tips Memilih Sepatu Bola yang Pas untuk Pemula!

Aksesoris yang Biasa Digunakan Pemain Sepak Bola

Dari sekian banyaknya aksesoris yang digunakan oleh pemain sepak bola, ada beberapa aksesoris yang memang sangat melekat di ingatan penonton. Berikut beberapa aksesoris yang digunakan pemain sepak bola, yaitu:

  1. Headband

Aksesoris sepak bola yang satu ini merupakan yang paling banyak dipakai oleh para pemain sepak bola. Kita bisa lihat hampir di semua pertandingan dan klub sepak bola, selalu saja ada pemain yang menggunakan headband.

Headband merupakan sebuah bandana atau ikat kepala yang digunakan pemain sepak bola. Pemain sepak bola menggunakan headband ini biasanya untuk menjaga kerapihan rambutnya saat bertanding, sehingga tidak mengganggu performa mereka. 

Beberapa pemain bola mega bintang yang sering terlihat mengenakan headband ini adalah  Zlatan Ibrahimovic, Sergio Ramos, Ronaldinho, hingga Lionel Messi.

  1. Wristband

Pemain sepak bola juga sering terlihat mengenakan aksesoris yang bernama wristband ini. Aksesoris ini merupakan sebuah bandana yang terbuat dari bahan kain dan digunakan pada bagian pergelangan tangan.

Bagi sebagian pesepak bola, wristband memang digunakan untuk aksesoris yang meningkatkan penampilan. Akan tetapi, fungsi wristband sendiri adalah membantu melindungi tangan atau pergelangan tangan pemain sepak bola dari cedera.

Ketika bertanding di lapangan, pemain sepak bola sangat rentan mengalami benturan karena kontak fisik yang dilakukan oleh pemain dalam mengejar bola. Hal inilah yang menyebabkan pemain sepak bola sangat rentan cedera.

Jika kamu sering menonton pertandingan sepak bola, maka akan terlihat ciri khas beberapa pemain sepakbola yang menggunakan aksesoris ini, seperti Luis Suarez asal Uruguay dan pesepak bola asal Indonesia Bambang Pamungkas.

  1. Gloves

Gloves memiliki definisi sarung tangan. Aksesoris ini merupakan salah satu aksesoris yang wajib dipakai oleh pemain sepak bola dengan posisi sebagai penjaga gawang.

Kecepatan bola yang harus ditangkap oleh penjaga gawang sangatlah kencang. Hal ini karena rata-rata tendangan pemain bola dalam membobol gawang sampai menyentuh angka 200 km/jam. Bisakah kamu bayangkan seorang penjaga gawang tanpa sarung tangan menangkap bola tersebut?

Maka dari itu, sarung tangan yang menjadi aksesoris penjaga gawang ini berfungsi untuk menahan tekanan yang diterima dari bola yang ditendang dengan tujuan untuk mengurangi risiko cedera.

Berdasarkan peraturan dari International Federation Association Board, memang tidak mengharuskan seorang penjaga gawang menggunakan sarung tangan atau lebih sering disebut gloves saat pertandingan berlangsung.

Walaupun hampir semua penjaga gawang menggunakan aksesoris ini di lapangan, akan tetapi terdapat juga beberapa penjaga gawang yang tidak menggunakannya karena merasa lebih percaya diri dan termotivasi jika menangkap bola langsung menggunakan tangan.

Penjaga gawang yang tercatat pernah melepaskan sarung tangannya ketika bertanding adalah penjaga gawang asal Portugal bernama Ricardo Pereira pada ajang Piala Eropa tahun 2004.

  1. Scarf  

Berdasarkan aturan IFAB dan FIFA, terdapat beberapa aksesoris yang dilarang untuk digunakan di lapangan, seperti beberapa perhiasan yang terbuat dari bahan keras. Ini dikarenakan aksesoris tersebut mungkin membahayakan pemain itu sendiri maupun pemain lainnya.

Scarf atau syal adalah salah satu aksesoris yang diperbolehkan oleh federasi persepakbolaan dunia karena memang pada saat- saat tertentu dibutuhkan dan tidak membahayakan pemain ketika digunakan di lapangan.

Aksesoris yang satu ini merupakan aksesoris musiman yang digunakan oleh pemain sepak bola di lapangan. Hal ini karena aksesoris ini ramai digunakan ketika mereka bermain dalam keadaan cuaca yang dingin.

Tujuan dari penggunaan syal ini bukanlah untuk sekedar fashion, akan tetapi bertujuan untuk melindungi pemain bola dari serangan udara dingin yang bisa mengakibatkan mereka sakit sehingga tidak bisa memberikan performa terbaik. Pemain yang sangat iconic dengan scarf ini adalah Carlos Tevez dari Argentina.

  1. Helm pelindung

Aksesoris sepak bola yang satu ini merupakan aksesoris yang diwajibkan oleh tim medis kepada pemain yang sedang mengalami cedera di kepala tetapi tetap harus bermain secara profesional.

Pada tahun 2003, Badan federasi sepakbola dunia FIFA memberikan izin kepada pemain yang hendak menggunakan helm pelindung kepala selama pertandingan.

Helm pelindung berfungsi untuk melindungi kepala pemain yang sedang dalam masa pemulihan dari cedera. Penggunaan helm pelindung ini sangat melekat pada salah satu penjaga gawang terbaik di dunia Petr Cech.

Petr Cech mengalami cedera karena bertabrakan dengan pemain lawan pada sebuah pertandingan sepak bola di tahun 2006. Beliau mengalami keretakan tulang kepala hingga tak sadarkan diri.

Pada tahun 2007, setelah mendapatkan perawatan yang intensif, Petr Cech kembali bermain di lapangan dengan menggunakan helm pelindung kepala dan selalu ia gunakan di setiap pertandingan sampai pensiun di tahun 2019.

Demikian pembahasan mengenai aksesoris sepak bola yang digunakan oleh pemain bola di lapangan. Sembari menonton sepak bola bersama teman–teman, kamu juga bisa menikmati Guinness FES untuk menambah keceriaan dalam kebersamaan. Buka Guinness FES dan Temukan Rasa Bir yang Kaya!

Other Article