GUINNESS ID

Yuk, Lepas Penat di 6 Jazz Cafe Terbaik di Jakarta Ini!

Yuk, Lepas Penat di 6 Jazz Cafe Terbaik di Jakarta Ini!

Abad 20 diawali dengan Perang Dunia I yang terjadi pada tahun 1914-1918 dengan kemenangan diraih oleh Sekutu (Amerika Serikat, Perancis, Kerajaan Inggris, dan negara wilayah Barat lainnya). Berawal dari kemenangan ini, masyarakat di wilayah Barat mengalami peningkatan, baik dalam keadaan ekonomi dan juga kepercayaan diri mereka, pada tahun 1920-an atau yang dikenal sebagai Roaring Twenties.

 

Pada masa itulah budaya-budaya baru yang memesona mulai bermunculan, seperti gaya seni dan arsitektur art deco serta musik jazz. Keduanya merupakan bagian dari selebrasi akan kemajuan ekonomi dan kehidupan yang membaik pada tahun 1920-an.

 

Eits, tapi kamu enggak perlu balik ke masa itu untuk merasakan semangat ini. Sekarang, udah banyak banget jazz cafe Jakarta yang dirancang khusus untuk mengembalikan atmosfer ini. Ingin tahu seperti apa contohnya? Intip daftar jazz cafe Jakarta yang bisa kamu kunjungi berikut ini!

 

Cafe Batavia

Alamat: Taman Fatahillah, Jalan Pintu Besar Utara No. 14, Kota, Jakarta

 

Rasanya akan lebih tepat kalau memulai deretan jazz cafe Jakarta ini dengan Cafe Batavia. Pasalnya, mungkin hanya kafe yang mampu menggambarkan semangat Roaring Twenties dari cara pandang masyarakat Batavia (nama Kota Jakarta pada zaman dulu).

 

Hal ini terlihat jelas dari arsitektur dengan sentuhan budaya Belanda (seperti gedung-gedung Batavia pada zaman dahulu) dan juga makanan lokal, seperti bubur ayam, gado-gado, serta sate sapi. Dari situ, Cafe Batavia baru menggabungkan menu-menu lainnya dari berbagai wilayah di Eropa, seperti lobster bisque, Australian beef rib eye, atau salmon croissant. Perpaduan arsitektur, kuliner, serta musik jazz memberikan keseimbangan antara budaya dan sejarah lokal serta Eropa yang sayang untuk kamu lewatkan.

 

Motion Blue

Alamat: Hotel Fairmont Jakarta Lantai 3, Jalan Asia Afrika No. 8, Senayan, Jakarta

 

Tempat ini juga menghadirkan pemaduan dua budaya. Tapi, cara yang dilakukan bukan dengan mencantumkan dua sajian dari daerah yang berbeda pada satu daftar menu. Motion Blue merupakan restoran dan jazz cafe Jakarta yang menyajikan menu fusion, atau penggabungan dua budaya (atau lebih) pada satu menu. Menu yang digabungkan di sini adalah kuliner Jepang dan juga berbagai wilayah lain yang ada di dunia. Sebagai contoh adalah menu andalan yakitori pizza, martabak telur wagyu, bibimbap wagyu sirloin steak, dan juga yuzu cremeux.

 

Prohibition Chophouse & Speakeasy Bar

Alamat: Plaza Senayan Arcadia, Lantai 2, Jalan New Delhi Pintu 1 Senayan, Senayan, Jakarta

 

Jazz cafe and bar ini secara konsisten membawa estetika tahun 1920-an. Kamu akan melihat wood panelling ala Perancis di dinding serta langit-langit yang terukir dengan pancaran cahaya yang diarahkan secara strategis. Seringnya, kafe ini mengadakan berbagai event bertema jazz dan juga tahun 1920-an. Jadi, perhatikan event yang ada dalam waktu terdekat, ya!

 

Tetapi, kalau kamu lebih memilih berkunjung ke sini pada hari biasa dan hanya untuk bersenang-senang dengan santai, menu dan minuman yang ditawarkan juga bisa memuaskan kamu. Tempat ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Prohibition Chophouse dan Speakeasy Bar. Kalau kamu ingin makan, kamu bisa menikmati menu-menu enak seperti steak dan buffalo wings. Tapi, jika lebih ingin bersenang-senang mencicipi minuman dan menikmati musik jazz, akan lebih tepat kalau duduk di wilayah Speakeasy Bar.

 

The Writers

Alamat: Hotel Raffles Jakarta, Jl. Prof. Dr. Satrio No. 3 - 5, Karet, Jakarta

 

The Writers memang lebih dikenal sebagai bar dan hal ini tentu berbeda dengan yang lainnya pada jajaran jazz cafe Jakarta ini. Meskipun begitu, tempat ini juga menyajikan menu-menu kopi yang cukup lengkap yang dapat kamu nikmati kapan saja, terutama pada pagi dan siang hari yang cerah.

 

Kalau kamu bersedia menunggu sampai malam, tempat ini akan berubah menjadi nightlife spot yang sangat classy dan unik pada saat yang bersamaan. Pasalnya, tempat ini penuh dengan dekorasi dan art piece dengan gaya kontemporer dan campuran warna yang unik sebagai complementary dari dinding marmer berwarna cream.

 

Rasakan atmosfernya dengan ditemani aneka cocktail, scotch, serta jenis liquor lainnya. Kemudian, nikmati juga alunan live jazz music yang juga sering diadakan di tempat ini. Kamu pasti betah untuk berlama-lama!

 

Shanghai Blue 1920

Alamat: Jalan Kebon Sirih No. 79, Menteng, Jakarta

 

Bagaimanakah suasana Kota Shanghai di tahun 1920an, ya? Nggak perlu terbayang-bayang lagi karena kamu bisa melihatnya langsung di jazz cafe Jakarta satu ini. Selain karena dekorasi ala art deco serta bangunanya yang khas Tiongkok, para waiter dan pengunjung juga banyak yang datang dengan pakaian Tiongkok mereka. Konsep yang Shanghai Blue 1920 dihadirkan secara all out!

 

Begitu juga pada menu makanannya. Kamu akan menemukan banyak sajian kuliner ala Shanghai dan Tiongkok, seperti dumpling, daging masak ngo hiang, serta nasi hainan. Nggak cuma itu, kamu juga bisa menikmatinya bersama berbagai minuman, seperti teh chrysanthemum atau bahkan aneka liquor.

 

SHY Rooftop

Alamat: Hotel The Papilion, Rooftop, Jalan Kemang Raya No. 45AA, Kemang, Jakarta

 

Pilihan selanjutnya adalah SHY Rooftop yang berada di lantai 5 atau rooftop The Papilion, Kemang. Sama seperti pilihan jazz cafe Jakarta lainnya, tempat ini menawarkan live jazz music. Namun, tentunya posisinya yang ada di rooftop membawa suasana yang terbuka dan berbeda. Kamu akan lebih merasa dekat dengan suasana malam Kota Jakarta.

 

Entah mengapa, hal ini akan berperan penting nantinya ketika kamu mencicipi aneka appetizers, desserts dan main courses. Tapi, pastikan juga kamu menikmati malam dengan liquors yang mendominasi daftar menu. Banyaknya pilihan ini jelas akan memberikan kamu lebih banyak kebebasan dalam menentukan bagaimana suasana malam kamu terbentuk!

 

Nah, itulah tadi rekomendasi jazz cafe Jakarta dari kami. Kini, kamu bisa menikmati minuman dan makanan nikmat dengan ditemani alunan musik jazz yang menggoda kamu untuk sambil menggoyangkan kepala karena menikmatinya.

 

Selanjutnya, jangan lupa untuk juga menemani petualangan nightlife kamu dengan sebotol Guinness® Foreign Extra Stout. Perpaduan aroma karamel, fruity, dan roasted serta rasa yang bold dan unik mampu membawa semangat baru pada hidup, layaknya kembali ke Roaring Twenties!

Related Article

Yuk, Intip 7 Tempat Makan di Menteng yang Melegenda!

Menteng bukan hanya dikenal sebagai pemukiman yang bersejarah. Ternyata, tempat makan di menteng juga menawarkan pesona yang perlu kamu coba!

8 Restoran Legendaris yang Menyajikan Makanan Enak di Mangga Besar

Mangga Besar menyimpan banyak serpihan budaya yang bersejarah, termasuk pada kulinernya. Intip tempat makanan enak di Mangga Besar yang legendaris berikut!

8 Resep Makanan Praktis yang Enak dan Sederhana

inilah 8 resep makanan praktis terbaru yang bisa kamu coba di rumah!

Guinness Food Pairing : Sajian yang Cocok Dinikmati Bersama Segelas Bir Hitam

Meneguk bir hitam tentunya akan terasa lebih nikmat ketika dipadukan dengan makanan yang lezat. Tapi bukan berarti semua makanan cocok untuk disantap…