GUINNESS ID

Guinness Food Pairing : Sajian yang Cocok Dinikmati Bersama Segelas Bir Hitam

Guinness Food Pairing : Sajian yang Cocok Dinikmati Bersama Segelas Bir Hitam

Bir emang  selalu jadi minuman yang cocok untuk nemenin ragam aktivitas, mulai dari nyantai sore, ngumpul bareng temen, sampai kerja sekalipun. Walau cocok jadi temen baik di ragam aktivitas, minuman ini tuh juga butuh partner, yaitu makanan yang pas biar tambah oke buat kita nikmatin.

 

Menghabiskan waktu untuk quality time  bareng keluarga atau kerabat memang paling mantap kalau dilengkapi dengan sajian yang pas, misalnya wine atau bir hitam Guinnesss. Sama halnya dengan minuman lain, dalam meminum bir ada juga lho camilan yang cocok untuk dijadiin makanan pendamping. Karena belum tentu semua makanan cocok dinikmati Bersama dengan bir, artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi Guinness food pairing yang bakal bikin momen kebersamaanmu makin mantap.

 

Kentang

 

Kentang adalah makanan yang paling sering disajikan untuk melengkapi minuman beralkohol. Walaupun memiliki kandungan sodium yang berdampak membuat tubuh tambah dehidrasi, tapi sajian kentang ini bisa dibilang salah satu sajian pelengkap yang paling favorit bagi para penikmat alkohol. Meski demikian, kentang tetap aman dimakan bersamaan dengan ragam alkohol jika disajikan dalam porsi yang tepat.

 

Hidangan kentang adalah Guinness food pairing yang paling direkomendasikan. Karena selain mudah didapatkan, kentang pun bisa disajikan dengan ragam menu sehingga tidak membosankan saat dinikmati. Mulai dari yang paling biasa dibuat, yaitu kentang goreng atau French fries, sajian mashed potato, sampai potato wedges. Untuk membuat sajian ini tambah nikmat saat dimakan bersama bir, kamu bisa melengkapinya dengan menyediakan saos favorit.

 

Cake Cokelat

 

Guinness adalah bir yang terkenal dengan warna yang hitam dan pekat. Jika dibandingkan dengan bir lainnya. Bir hitam biasanya juga memiliki rasa yang lebih pahit dan kandungan alkohol yang lebih tinggi. Sebagai pengimbang dari jenis bir yang satu ini, cake cokelat merupakan rekomendasi yang paling tepat untuk dijadikan pendamping.  

 

Kenapa cokelat? Karena cokelat memiliki aroma yang sama pekatnya, sehingga akan menghadirkan sense of balance. Tidak hanya itu, cake pun identik dengan rasa yang manis serta tekstur yang lembut, jadi jika dijadikan Guinness food pairing akan memberikan kesan yang lebih kaya saat menyantapnya bersama rekan-rekan.

 

Salad

 

Salad identik dengan dengan “stigma” makanan sehat. Tapi tidak semua komposisi salad itu cocok lho untuk disajikan bersama bir. Nah, komposisi salad yang cocok menjadi Guinness food pairing adalah salad yang mengandung campuran bahan-bahan yang mengandung protein tinggi, misalnya yang terdapat kacang-kacangan di dalamnya.

Kandungan protein yang tinggi di dalam campuran salad memiliki banyak kegunaan. Menu ini membantu penyerapan alkohol dalam tubuh menjadi lebih lama dan mencegah hangover. Jadi, nggak cuma oke buat dipasangkan dengan bir hitam buat menikmati obrolan yang lebih cair dan lebih lama, salad juga punya dampak positif buat tubuhmu.

 

Cumi Goreng

 

Menurut chef terkenal di Castle Hill Inn, seafood adalah sajian yang cocok jika dihidangkan bersama bir. Salah satu menu yang mungkin sangat sering kita temui adalah cumi. Makanan ini bisa memberikan kenikmatan yang ditimbulkan dari teksturnya.

 

Bir adalah salah satu minuman beralkohol yang dikenal dengan kadar alkohol yang lebih rendah, jika dibandingkan dengan wine, gin, atau vodka. Akan serasi diminum dengan santapan yang ringan dan gurih seperti cumi goreng. Duh, langsung terbayang ya siang-siang minum bir dingin sambil ngemilin cumi goreng. Kayaknya nikmat banget!

 

Burger

 

Kombinasi klasik yang oke buat jadi Guinness food pairing, adalah…. burger! Makanan western ini emang udah terkenal banget dan biasa disajikan dengan bir sebagai combo-nya. Terdiri dari daging juicy, dua bun tangkap, dan dilengkapi keju serta selada di dalamnya, burger ini selain bisa dinikmati dalam waktu yang lama, komposisinya pun akan mengenyangkan perutmu. Jadi, enggak perlu takut kehabisan tenaga saat sedang menikmati obrolan bersama rekan, karena burger akan jadi penyeimbang untuk perut yang mulai kembung setelah meminum bir hitam.

 

Steak

 

Sama halnya seperti burger, steak bisa digolongkan juga sebagai salah satu makanan berat yang tepat banget untuk memperlambat hangover kalau sudah minum kebanyakan. Kalau kita lihat di film-film Barat daging steak juga sering dinikmati dengan wine.

 

Tidak hanya cocok disantap dengan wine, steak pun cocok dinikmati bersama bir hitam. Meminum ragam alkohol dipercaya bisa menambah cita rasa masakan jika dipadupadankan dalam waktu makan yang bersamaan.

 

Pengalaman santapan yang berbeda dan unik ini bisa dihasilkan dari karakter rasa yang ditawarkan bir hitam, yaitu pahit dan sensasi segar. Yang jika disajikan bersama makanan berat seperti daging, akan memberikan after taste yang unik dan tambah sedap. Lebih dari itu, steak biasanya disajikan dalam kondisi panas atau high heat akan makin cocok dinikmati dengan bir hitam dingin sebagai taste balancing di lidah sehingga menimbulkan kesan yang beragam di mulut.

 

Bir hitam tidak cuma bisa menguatkan cita rasa steak saat dimakan bersamaan, bir juga bisa berperan sebagai pembersih langit mulut jiika dikonsumsi di sela-sela memakan steak. Jadi suapan setelahnya pun kamu bisa kembali megecap rasa asli steak tanpa merasakan rasa bekas minuman di mulut.

Chicken Wings

 

Layaknya burger, chicken wings adalah sajian klasik yang biasanya juga ditawarkan untuk menjadi pasangan saat meminum bir. Makanan ini pun mudah untuk ditemui, banyak bar yang pasti menyediakan menu yang satu ini sebagai kudapan yang mendampingi minuman berakohol, khususnya bir hitam. Bahkan jika kamu ingin menikmati bir di rumah, kamu tetap bisa membuatnya tanpa ribet, karena chicken wings juga banyak dijual sebagai frozen food di supermarket. Kamu juga bisa berkreasi dalam penyajiannya dengan berbagia bumbu, dari yang western bahkan Asian.

 

Pizza

 

Last but not least! Pizza! Ini adalah menu favorit hampir semua orang. Mulai dari crust yang gurih sampai dengan banyaknya topping yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing-masing. Kombinasi bir dan pizza adalah combo yang tidak bisa diragukan lagi, buktinya banyak restoran pizza yang serta merta menyediakan bir sebagai minuman pendamping dan bar-bar yang turut menyediakan menu pizza sebaga sajian pelengkap minuman.

 

Kekontrasan rasa yang dimiliki pizza dan bir membuat mereka saling melengkapi satu sama lain. Tidak hanya itu, pizza dan bir juga mudah ditemukan di mana-mana. Sehingga membawa kesan simple serta bisa memberikan kesan yang fun karena mudah ditemukan dan disediakan di pertemuan bersama teman-teman.

 

Dari 8 makanan pelengkap minuman bir hitam ini, mana nih yang jadi favoritmu?

Related Article

Yuk, Lepas Penat di 6 Jazz Cafe Terbaik di Jakarta Ini!

Nggak perlu kembali ke 1920-an untuk menikmati musik jazz dan kuliner yang nikmat pada saat bersamaan. Berikut daftar jazz cafe Jakarta yang bisa kamu…

Yuk, Intip 7 Tempat Makan di Menteng yang Melegenda!

Menteng bukan hanya dikenal sebagai pemukiman yang bersejarah. Ternyata, tempat makan di menteng juga menawarkan pesona yang perlu kamu coba!

8 Restoran Legendaris yang Menyajikan Makanan Enak di Mangga Besar

Mangga Besar menyimpan banyak serpihan budaya yang bersejarah, termasuk pada kulinernya. Intip tempat makanan enak di Mangga Besar yang legendaris berikut!

8 Resep Makanan Praktis yang Enak dan Sederhana

inilah 8 resep makanan praktis terbaru yang bisa kamu coba di rumah!